ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
KAJIAN KINERJA PENGELOLA KEARSIPAN DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL
Pengarang: LUTFI MAULANA MARGA YUWANA
Penerbit: BPN RI STPN
Tempat Terbit: Banjarbaru
Tahun Terbit: 2014
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: -
Kolasi: -
Subjek: -
Jenis Bahan: Skripsi
Abstrak:
Arti penting kearsipan mempunyai jangkauan yang amat luas yaitu kearsipan sebagai pusat ingatan, sumber informasi serta sebagai alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi. Dalam proses penyajian imformasi agar pimpinan dapat membuat keputusan dan merencanakan kebijakan, maka harus ada sistem dan prosedur kerja yang baik di bidang kearsipan. Kantor Pertanahan adalah salah satu lembaga negara yang dituntut untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Kinerja institusi ini perlu diukur dan ditingkatkan agar pelayanan keadministrasian publik dapat ditingkatkan kualitasnya dalam pemerintahan saat ini menekankan pentingnya good governance melalui suatu sistem pengelolaan kearsipan, yang dapat memberikan kemudahan dalam menerapkan prinsip akuntabilitas instansi. Pemahaman terhadap penilaian kinerja akan bermanfaat dalam usaha mempercepat terwujudnya operasional organisasi yang lebih efektif, efisien dan bertanggung jawab.

Penelitian ini dilakukan pada Kantor Pertanahan Kabupaten Gunungkidul. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui kinerja pengelola kearsipan Kantor Pertanahan Kabupaten Gunungkidul diukur dari perspektif keuangan, perspektif pengguna jasa, perspektif proses internal serta perspektif pembelajaran, baik secara parsial maupun secara keseluruhan dengan menggunakan analisis Balanced Scorecard. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan oservasi sistematis, wawancara terstruktur, dan studi dokumentasi. Data berdasarkan jawaban pertanyaan 27 orang pegawai.

Hasil penelitian ini yaitu tentang kinerja pengelola kearsipan ditinjau dari perspektif keuangan menunjukan kinerja dengan kategori sangat baik dengan nilai sebesar 98,58 persen. Kinerja dari perspektif pengguna jasa menunjukan kinerja dengan kategori kurang baik dengan nilai 61,18 persen. Kinerja dari perspektif proses internal menunjukan kinerja dengan kategori kurang baik dengan nilai 50 persen. Kinerja dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukan kinerja dengan kategori kurang baik dengan nilai 58 persen. Kinerja pengelolaan kearsipan Kantah Gunungkidul secara menyeluruh ditinjau dari empat perspektif dengan perhitungan Indeks Komposit berada pada kualifikasi kinerja baik dengan nilai 66,94 persen.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran:
Lihat konten
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak:
Nomor Panggil:
Eksemplar: 5
No. Kode Status
1. 04pp0251 Tersedia
2. 04pp0248 Tersedia
3. 04pp0249 Tersedia
4. 04pp0250 Tersedia
5. 04pp0247 Tersedia