ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
Memoar Sidarto Danusubroto Ajudan Bung Karno : Sisi Sejarah Yang Hilang Masa Transisi di Seputar Supersemar
Pengarang: Asvi Warman Adam
Penerbit: Ombak
Tempat Terbit: Jogjakarta
Tahun Terbit: 2013
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: 978-602-258-053-9
Kolasi: xviii, 320 hlm.: ilus.; 21 cm
Subjek: Biografi
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
"Sisi sejarah yang hilang" sebetulnya ungkapan eufemisme bahwatelah terjadi manipulasi sejarah yang perlu dijernihkan kembali. Soekarno dijatuhkan dan perannya direduksi dalam sejarah Indonesia. Mengungkapkan "sisi sejarah yang hilang" tidak lain dari memberikan tempat yang tepat dan layak bagi Bung Karno.

Sidarto Danusubroto menjadi saksi bagaimana buruknya tindakan pemerintah terhadap seorang Presiden yang masih menjabat walaupun de facto sudah nonaktif. Soekarno tidak pernah diputuskan menjadi tahanan kota bahkan tahanan rumah, namun untuk bepergian dari rumahnya di Batu Tulis di Bogor ia harus meminta ijin kepada dua Pangdam. Pangdam Siliwangi untuk meninggalkan Bogor dan Pangdam Jaya untuk memasuki wilayah Jakarta dalam rangka berobat ke rumah sakit Carolus misalnya. Lebih parah lagi, sesudahnya harus menjalani tahanan rumah di Wisma Yaso.

Uraian tentang Supersemar agak panjang dalam buku ini karena itu merupakan titik balik perubahan kekuasaan di republik ini. Bagian lain mempersoalkan kenapa wajah Soekarno pada saat proklamasi kemerdekaan dihilangkan pada sebuah buku yang ditulis sejarawan yang juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam terjemahan buku Cindy Adams terdapat dua paragraf yang tidak ada pada buku asli dalam bahasa inggris yang mengadu domba Soekarno dengan Hatta dan Sjahrir. Siapa yang menambahkan dua alinea tersebut? Sidarto juga mengingatkan bahwa Trikora dicanangkan Presiden Soekarno di Yogyakarta dan setelah itu memang terjadi operasi militer, namun peran diplomasi yang dijalankan Soekarno sangat menentukan terutama dengan memainkan kartu Uni Soviet dan Amerika Serikat sehingga Belanda tidak berkutik.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 900 - M
Nomor Panggil: 920.71 War m
Eksemplar: 6
No. Kode Status
1. 14P11943 Tersedia
2. 14P11944 Tersedia
3. 16P14245 Tersedia
4. 16P14244 Tersedia
5. 19P15872 Tersedia
6. 19P16649 Tersedia