ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
Tanggung jawab Pejabat Pembuat Akta Tanah Dalam Pembuatan Akta Tanah Beserta Akibat Hukumnya di Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Pengarang: Naek Munte
Penerbit: STPN
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2013
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: -
Kolasi: vii, 52 hlm. 30 cm
Subjek: Akta Tanah
Jenis Bahan: Laporan TA Prodiksus
Abstrak:
Semakin pentingnya arti tanah bagi kehidupan manusia sekarang ini menyebabkan makin meningkatnya potensi untuk timbulnya konflik-konflik atau sengketa pertanahan, untuk mencegah atau paling tidak mengurangi potensi konflik atau sengketa tersebut dibutuhkan perangkat hukum dan sistem administrasi pertanahan yang teratur dan tertata rapi. Karenanya diharuskan pemindahan hak atas tanah agar bisa didaftar harus dibuktikan dengan akta PPAT. Sebagai akta otentik akta PPAT haruslah memenuhi tata cara pembuatan akta PPAT sebagaimana yang ditentukan oleh undang-undang dan peraturan-peraturan lainnya. Pembuatan akta yang tidak sesuai dengan tata cara pembuatan akta PPAT dapat menimbulkan risiko bagi kepastian hak atas tanah yang timbul atau tercatat atas dasar akta tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tesis ini penulis beri judul Akibat Hukum Dari Pembuatan Akta Jual Beli Tanah Yang Tidak Sesuai Dengan Tata Cara Pembuatan Akta PPAT.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk pembuatan akta jual beli tanah sesuai dengan tata cara pembuatan akta PPAT. Dipakai metode pendekatan yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian preskriptif dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan datanya dilakukan dengan melakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan kemudian setelah data selesai dianalisis ditarik kesimpulan dengan meggunakan metode berfikir induktif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pembuatan akta jual beli tanah ada yang tidak sesuai dengan tata cara pembuatan akta PPAT sehingga PPAT dapat dianggap tidak bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas, yang akibatnya, akta PPAT terdegradasi kekuatan pembuktiannya menjadi akta di bawah tangan.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 000 - T
Nomor Panggil: 001 Mun t
Eksemplar: 2
No. Kode Status
1. 14h62 Tersedia
2. 19H554 Tidak Dipinjamkan