ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS PEMROGRAMAN SCRIPT AVENUE UNTUK PENYAJIAN INFORMASI PENGGUNAAN TANAH (Studi Di Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah)
Pengarang: DWI HANDONO
Penerbit: STPN Yogyakarta
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2010
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: -
Kolasi: x, 68 hlm.: ilus.; 30 cm
Subjek: SIG
Jenis Bahan: Skripsi
Abstrak:
Penatagunaan tanah sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2004 merupakan implementasi dari
amanat Ketetapan (TAP) MPR Nomor IX Tahun 2001 tentang Pembaharuan Agraria dan Pengelolaan Sumber Daya Alam. Salah satu kegiatannya adalah inventarisasi penguasaan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah antara lain meliputi pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian data berupa peta dan informasi. Terkait dengan hal tersebut khususnya yang berkaitan dengan teknologi informasi, pemanfaatan perangkat lunak Sistem Informasi Geografis (SIG) menjadi bagian penting dalam pembangunan sistem informasi dan manajemen pertanahan. Salah satu perangkat lunak yang sering digunakan adalah Arc View. Perangkat lunak SIG ini sangat mudah digunakan, user friendly dan representatif. Merancang dan mengimplementasikan SIG hingga menjadi sebuah sistem yang terotomasi sehingga membentuk sebuah aplikasi yang tersusun dengan rapi merupakan suatu tugas penting. Arc View sangat luwes diterapkan pada berbagai permasalahan spasial dikarenakan oleh adanya dukungan dari Script Avenue. Dengan Avenue ini dapat dibentuk sebuah interface (antar muka) baru pada Arc View, otomasi pekerjaan-pekerjaan yang bersifat berulang (repetitif) ataupun membuat alur analisis spasial khusus yang belum terdapat dalam Arc View tersebut.

Penelitian ini bertujuan merancang suatu SIG berbasis pemrograman Script Avenue pada perangkat lunak Arc View yang digunakan untuk penyajian informasi penggunaan tanah. Metode yang digunakan penelitian ini adalah research and development dengan
menggunakan teknik perancangan sistem berupa pemodelan proses, pemodelan data, dan design antar muka. Perancangan SIG
dirumuskan dalam sebuah arsitektur sistem yang dijabarkan dengan teknik perancangan sistem dalam bentuk pemrograman Script Avenue.

Hasil perancangan setelah dilakukan pengujian mendapatkan respon bahwa mudah dipergunakan walaupun dengan analisis yang cukup sederhana. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan SIG melalui pemrograman Script Avenue dapat digunakan untuk penyajian informasi penggunaan tanah. Untuk melakukan pengembangan hasil perancangan lebih lanjut diperlukan ketersediaan data yang memadai serta standarisasi dan kesamaan interpretasi data dan informasi.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran:
Lihat konten
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Arsip
Nomor Rak:
Nomor Panggil:
Eksemplar: 4
No. Kode Status
1. 97p18177 Tidak Dipinjamkan
2. 97p18178 Tersedia
3. 97p18179 Tersedia
4. 97p18176 Tersedia