ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
APLIKASI SHORT MESSAGE SERVICE UNTUK PELAYANAN INFORMASI PERTANAHAN DI KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Pengarang: UWAIS
Penerbit: STPN Yogyakarta
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2012
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: -
Kolasi: xiv, 82 hlm.: ilus.; 30 cm
Subjek: Aplikasi SMS;Pelayanan Pertanahan
Jenis Bahan: Skripsi
Abstrak:
Kebutuhan manusia akan tanah tidak terlepas dari pentingnya tanah itu sendiri bagi manusia. Terbatasnya keberadaan tanah menjadikan tanah rawan akan sengketa dan konflik. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengaturan akan penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah. Badan Pertanahan Nasional yang mempunyai tugas untuk mengatur urusan pertanahan di Indonesia perlu membangun basis data dan informasi tentang pertanahan. Salah satu kebijakan yang menjadi terobosan baru yang dilakukan oleh BPN adalah dengan diadakannya kegiatan Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP) atau yang dikenal dengan Land Office Computerization (LOC). Kebijakan ini merupakan langkah nyata yang dilakukan oleh BPN dalam meningkatkan pelayanan berbasis teknologi informatika. Diantara perkembangan teknologi yang ada saat ini adalah penggunaan teknologi komunikasi untuk saling mendapatkan informasi kapanpun dan dimanapun secara cepat, mudah, dan praktis. Teknologi komunikasi yang menjadi andalan umum dalam menunjang kebutuhan manusia adalah dengan ditemukannya Mobile Phone atau Hand Phone (HP) yang memiliki berbagai macam fasilitas di dalamnya. Salah satu aplikasi yang terdapat di dalam HP tersebut adalah layanan Short Message Service (SMS). Inovasi baru yang dapat dilakukan oleh BPN ialah dengan mengembangkan prosedur penyajian informasi pelayanan pertanahan melalui SMS untuk membangun kepercayaan masyarakat, penungkatan kualitas pelayanan, kesederhanaan prosedur, dan transparansi pelayanan. Dengan adanya penyajian informasi melalui SMS ini, maka akan dapat dengan mudah menjangkau seluruh lapisan masyarakat sampai ke tingkat pedesaan.

Penelitian ini dilakukan untuk membuat suatu program aplikasi dalam menyajikan beberapa informasi pelayanan pertanahan melalui SMS dan mengetahui pemanfaatan program aplikasi SMS tersebut dalam menyajikan informasi pelayanan pertanahan kepada masyarakat sesuai dengan jenis pemanfaatan aplikasi SMS yang telah dibuat tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembuatan program aplikasi SMS ini dapat digunakan untuk pelayanan penyajian informasi pertanahan dengan beberapa jenis program aplikasi SMS sebagai berikut:
a. SMS Interaktif, merupakan layanan SMS yang digunakan oleh kantor pertanahan untuk berkomunikasi secara aktif kepada pemohon dalam membantu proses pelaksanaan pelayanan pertanahan.
b. SMS Request, merupakan layanan SMS dengan informasi-informasi tertentu yang dimanfaatkan oleh pemohon untuk mengetahui beberapa informasi seperti persyaratan kelengkapan berkas, informasi biaya, pengecekan berkas, dan lain-lain.
c. SMS Broadcast, merupakan layanan SMS yang akan memberitahukan kepada pemohon tentang informasi beberapa tahapan kegiatan jalannya berkas permohonan yang akan ditentukan dengan terlebih dahulu mendaftar pada bagian Loket Pendaftaran.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran:
Lihat konten
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak:
Nomor Panggil:
Eksemplar: 3
No. Kode Status
1. 07l0047 Tersedia
2. 07l0048 Tersedia
3. 07L0680 Tersedia