ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
Sosiologi Hukum - Esai-Esai Terpilih
Pengarang: Satjipto Rahardjo
Penerbit: Genta Publishing
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2010
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: 978-602-96598-0-1
Kolasi: xii, 231 hlm.: ilus.; 21 cm
Subjek: Sosiologi;Sosiologi Hukum
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
Buku ini harus diterima sebagai karya yang sangat berarti untuk merekam dan menampilkan sisi-sisi lain dari fenomen hukum pada laboratorium hukum Indonesia yang par excellence. Nuansa berbeda akan kita rasakan ketika membaca buku ini karena sajiannya penuh dengan lonjakan ide-ide yang keluar dari zona kemapanan kultur berpikir hukum yang serba legal-positivistik. la menyadarkan kita bahwa ranah hukum menjadi tidak tertutup, terisolasi dari masyarakat melainkan hukum itu merupakan suatu objek yang nyata beroperasi dengan memperhatikan ordinat-ordinat baru dan tidak hanya dalam batas undang-undang.

Buku ini juga berhasil memotret dengan cukup baik berbagai problema bahkan anomali dalam dunia berhukum kita secara jernih dan tidak ditutup-tutupi. Hukum tampil secara utuh, jelas dan apa adanya. Tidak itu saja, buku ini telah menjelaskan secara mendalam beberapa sesat pikir maupun perilaku dalam berhukum kita selama ini, ia tampil dengan beberapa fakta dan data yang sangat sulit dibantah bahwa ada yang salah dengan pemahaman hukum kita selama ini karena mencoba memisahkan hukum dan masyarakatnya. Padahal hukum akan selalu berlari dengan perubahan masyarakatnya.

Beragamnya topik-topik yang disajikan dalam buku ini juga telah memperkaya informasi kepada kita semua bahwa sosiologi hukum dapat dijadikan pisau analisis untuk membedah berbagai isu hukum yang terjadi di tengah-tengah masyarakat secara kontekstual. Akhirnya selamat membaca semoga kita semua terprovokasi untuk melakukan kajian-kajian hukum dengan menggunakan ilmu-ilmu bantu di luar hukum dalam rangka melakukan reformasi hukum di negeri ini.


SATJIPTO RAHARDJO lahir di Banyumas, Jawa Tengah, Desember 1930. Guru besar emeritus pada Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang ini terkenal sangat produktif. Beberapa buku yang ditulisnya, antara lain: Hukum Masyarakat dan Pembangunan (1980), Hukum dan Masyarakat (1980), Hukum dan Perubahan Sosial (1983), Permasalahan Hukum di Indonesia (1983), llmu Hukum (1991), Membangun PolisiSipil (2002), Sisi-sisi Lain Hukum di Indonesia (2003), Membedah Hukum Progresif (2006), Hukum dalam Jagat Ketertiban (2006), Biarkan Hukum Mengalir (2007), Mendudukkan Undang-Undang Dasar (2007), Negara Hukum Vang Membahagiakan Rakyatnya (2009), Lapisan-lapisan dalam Studi Hukum (2009), Pendidikan Hukum Sebagai Pendidikan Manusia (2009), Penegakan Hukum: Suatu Tinjauan Sosiologis (2009), Hukum Progresif: Sebuah Sintesa Hukum Indonesia (2009), Hukum dan Perilaku (2009). Tulisan-tulisannya yang berupa artikel juga sering tampil menghiasi sejumlah media cetak, seperti Kompas, Forum Keadilan, Tempo, Editor, SuaraMerdeka, dan Iain-Iain.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 300 - S
Nomor Panggil: 303 Rah S
Eksemplar: 4
No. Kode Status
1. 12P8543 Tersedia
2. 12P8542 Tersedia
3. 12P8541 Tersedia
4. 12P8544R Tersedia