ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
Reformasi Keadilan Dan Penegakan Hukum Di Indonesia - Dilengkapi Undang-Undang Peradilan Tahun 2009
Pengarang: Bambang Sutiyoso
Penerbit: UII Press
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2010
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: 979-3333-85-5
Kolasi: xx, 284 hlm.: 23 cm
Subjek: Reformasi Hukum
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
Dalam berbagai penanganan kasus hukum yang terjadi di tanah air, seringkali dianggap mengabaikan nilai-nilai keadilan yang semestinya dirasakan oleh masyarakat dan pencari keadilan. Proses hukum di lingkungan peradilan Indonesia hingga saat ini dianggap belum sepenuhnya mencerminkan nilai-nilai keadilan yang hakiki. Keadilan seolah menjadi "barang mahal" yang jauh dari jangkauan masyarakat. Beberapa kasus yang sempat merobek rasa keadilan masyarakat diantaranya kasus penempatan Ayin (Artalyta Suryani) di ruang khusus yang cukup mewah di Rutan Pondok Bambu beberapa waktu lalu dan kelambanan penanganan kasus Anggodo merupakan secuil dari wajah buram penegakan hukum yang berkeadilan di Indonesia.

Diskursus pentingnya pencarian format ideal keadilan putusan dalam peradilan masih membuka ruang kajian yang lebih dalam, karena kompleksitasnya masalah penegakan hukum di Indonesia, termasuk banyaknya konsep keadilan, implementasinya serta penentuan tolok ukur keadilan itu sendiri masih berbeda-beda.

Penegakan hukum yang berjalan selama ini terkesan kuat masih berkutat dalam bentuk keadilan prosedural yang sangat menekankan pada aspek regularitas dan penerapan formalitas legal semata. Sejalan dengan itu rekayasa hukum menjadi aroma yang cukup kuat dalam hampir setiap penegakan hukum di negeri ini. Keadilan substantif sebagai sumber keadilan prosedural masih bersifat konsep parsial dan belum menjangkau seutuhnya ide-ide dan realitas yang seharusnya menjadi bagian intrinsik dari konsep dan penegakan keadilan. Akibatnya, penegakan hukum menjadi kurang atau bahkan tidak mampu menyelesaikan inti persoalan sebenarnya.

Buku ini diharapkan dapat membantu mengurai beberapa persoalan penegakkan hukum dan kekuasaan kehakiman di Indonesia untuk mewujudkan professionalitas penegak hukum serta mengupayakan terciptanya keadilan substantif yang sesungguhnya bagi masyarakat dan para pencari keadilan.

Materi yang tersaji dalam buku ini tidak terlepas dari tema reformasi keadilan, penegakan hukum dan pembaharuan hukum yang sekarang tengah berjalan. Oleh karena itu, buku ini penting dibaca bagi para penggiat hukum, baik para mahasiswa, akademisi, praktisi hukum serta siapapun yang menaruh harapan terhadap masa depan Indonesia dalam praktik penegakan hukum dan keadilan yang lebih baik.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 340 - R
Nomor Panggil: 347 Sut R
Eksemplar: 3
No. Kode Status
1. 12P7476 Tersedia
2. 12P7475 Tersedia
3. 12P7474 Tersedia