ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan - Suatu Pendekatan Teroris
Pengarang: Suparmoko.M
Penerbit: BPFE
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2008
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: 979-503-305-0
Kolasi: xxiv, 396 hlm.: ilus.; 24 cm
Subjek: Sumbar Daya Alam
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
Ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan merupakan cabang ilmu ekonomi yang relative masih baru, Oleh karena itu belum banyak buku yang diterbitkan yang membahas tentang cabang ilmu ini, lebih-lebih buku yang tertulis dalam bahasa Indonesia. Buku ini lebih banyak bersifat teori, artinya belum banyak memberikan aplikasi dari teori terhadap data emperis yang ada baik di Indonesia.

Namun demikian kiranya buku ini akan tetap bermanfaat bagi mereka yang ingin mempelajari tentang bagaimana seyogyanya memanfaatkan dan mengelola sumber daya alam yang ada demi kelestarian sumberdaya alam, lingkungan dan pembangunan. Buku ini terdiri dari 17 bab,yang masing-masing relative pendek, tetapi inti permasalahannya tetap merupakan pokok materi yang penting.

Bab Satu membicarakan tentang peranan ilmu ekonomi dalam kaitannya dengan kebijaksanaan pengelolaan sumberdaya alam, khusus dalam pembangunan ekonomi;Bab Dua menguraikan pengertian-pengertian dasar mengenai istilah-istilah yang banyak dipakai dalam membahas pengelolaan sumberdaya alam, seperti istilah konservasi, defenisi, persediaan dan sebagainya. Bab Tiga menyajikan pembahasan tentang kaitan antara kemiskinan, industrialisasi dan pengambilan sumberdaya alam, Bab Empat menjelaskan tentang berbagai metode mengukur kelangkaan sumberdaya alam. Bab Lima menguraikan tentang penggolongan sumberdaya alam ke dalam beberapa kelompok atau jenis sumberdaya alam, di antaranya sumberdaya alam pulih dan sumberdaya alam tidak pulih. Bab Enam membahas tentang pengertian konservasi sumberdaya alam dan manfaat dari konservasi tersebut, maupun factor-faktor yang menghambat konservasi tersebut. Bab Tujuh menguraikan tentang pengaruh berbagai variable ekonomi seperti tingkat bunga, ketidakpastian, system persewaan, kebijakan harga, hak penguasaan, serta bentuk pasar dalam kaitannya dengan konservasi. Bab Delapan membahas tentang analisis biaya dan manfaat dalam penggunaa sumberdaya alam. Bab Sembilan mulai membicarakan tentang bagaimana mengelola sumberdaya alam yang tak dapat diperbaharui (exhaustible resources), BabSepuluh. membahas tetang pengelolaan sumberdaya alam yang pulih (renewable resources). Bab Sebelas, menyajikan tentang pengelolaan sumberdaya tanah. Bab Dua belas, membahas tentang sumberdaya air. Bab Tiga belas, menguraikan tentang sumberdaya milik umum atau milik bersama dan menggunakan sumberdaya ikan sebagai suatu contoh dari sumberdaya milik umum tersebut. Bab Empat belas, menyajikan tentang pengelolaan sumberdaya hutan, dan Bab Lima belas, membahas tentang biaya social dan permasalahannya dalam pengelolaan sumberdaya alam. Uraian tersebut dilanjutkan dengan pembahasan pengelolaan lingkungan hidup dan analisis dampak lingkungan pada Bab Enam belas;yang selanjutnya ditutup dengan Bab Tujuh belas, yang menyajikan bahasan tentang kebijakan pengelolaan sumberdaya alam yang bertanggung jawab.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 360 - E
Nomor Panggil: 363.7 Sup E
Eksemplar: 3
No. Kode Status
1. 11P5816 Tersedia
2. 11P5817 Tersedia
3. 11P5818 Tersedia