ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
Remote Sensing Of Soil Salinization
Pengarang: Metternicht Graciela
Penerbit: CRC Press 2008
Tempat Terbit: London
Tahun Terbit: 0
Bahasa: Inggris
ISBN/ISSN: 978-1-4200-6502-2
Kolasi: xiii, 374 hlm.: ilus.; 24 cm
Subjek: Remote Sensing
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
Sebagian besar tanah yang produktif telah diusahakan untuk aktivitas pertanian dan peternakan. Semakin meluasnya kebutuhan akan tanah menyebabkan banyaknya tanah-tanah yang terkena salinitas yang akhirnya dipakai juga. Padahal tanah semacam ini kurang cocok untuk dimanfaatkan. Penginderaan jauh dapat menjadi instrumen yang tepat untuk mengidentifikasi, memetakan dan memonitoring salinitas tanah dan proses salinisasi yang terjadi.

Integrasi antara teknologi penginderaan jauh dalam studi salinitas merupakan sebuah wilayah penelitian yang menggabungkan antara teknologi penginderaan dan proximal sensing lahan baik di permukaan maupun di lapisan bawahnya.
Selama dua dekade terakhir, beberapa kajian telah mendeskripsikan kegunaan penginderaan jauh untuk pemetaan dan penilaian resiko.

Buku ini menyajikan sebuah volume yang komprehensif mengenai bidang tersebut dengan spectrum yang lebih luas, hasil riset sebagai data pendukung, penggunaan teknologi dalam sensor dan platform serta pendekatan metodologis baru. Buku ini memberi penekanan pada kontribusi penginderaan jauh untuk mengukur salinitas tanah.

Ada 3 tema yang dibahas dalam buku ini yaitu:
1) hubungan antara salinitas landscape dengan instrumen penginderaan jauh;
2) pemetaan salinitas tanah (primer dan sekunder) serta monitoring proses salinisasi;
3) keragaman pendekatan yang digunakan dalam pemodelan salinitas tanah.

Buku ini akan menggambarkan bagaimana mengkombinasikan ilmu pengetahuan dan teknologi geospasial untuk pengelolaan lingkungan yang tepat. Selama ini penginderaan jauh dianggap sebagai instrumen yang mumpuni, sehingga peran penginderaan jauh dalam mengindentifikasi, memetakan dan memonitoring salinitas tanah dan salinisasi terus mengalami perkembangan.

Dalam buku ini pembaca akan menemukan integrasi penggunaan gambar spektroskopi, induksi elektromagnetik (EM) dan penetrasi radar tanah untuk mengukur dan memetakan salinitas tanah baik di level lokal maupun regional, ringkasan mengenai tipe garam dan klasifikasi skema salinitas dan instrumen serta teknik penginderaan jauh untuk pemetaan dan monitoring; penerapan pemetaan salinitas tanah dengan menggunakan teknis induksi elektromagnetik tanah, metode-metode estimasi salinitas tanah menggunakan data penginderaan jauh hiperspektral, serta penjelasan mengenai pentingnya pemahaman dasar spectral, fisik dan karakteristik kimiawi serta konteks lingkungan dari tanah yang terkena dampak garam untuk penginderaan jauh.

Buku ini juga akan memaparkan analisis mengenai isu-isu dasar seperti perilaku spektral dari tipe-tipe garam dan vegetasi yang berpengaruh, serta evaluasi platform penginderaan jauh, keuntungan dan kerugian dari pemetaan salinitas. Campuran konsep fundamental, review teknologi-teknologi terbaru dan contoh-contoh penerapan yang praktis menjadikan buku ini sebagai referensi ideal untuk asesmen lingkungan dan pengambilan keputusan.
Pratinjau Google:
Telusuri isi buku
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 600 - R
Nomor Panggil: 631.4 Met R
Eksemplar: 1
No. Kode Status
1. 11p5903 Tersedia