ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
Anthropology and The Human Experience - E. Adamson Hoebel
Pengarang: Thomas Weaver
Penerbit: McGraw-Hill Book Company
Tempat Terbit:
Tahun Terbit: 1979
Bahasa: Inggris
ISBN/ISSN: -
Kolasi: xi, 699 hlm.: ilus.; 24 cm
Subjek: Anthropology;Experience
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
Buku ini berupaya untuk menampilkan satu pendekatan yang lebih luas dan modern dalam mempelajari antropologi. Ada beberapa hal yang menjadi poin penting yang ditekankan buku ini sebagai media untuk memahami antropologi modern yaitu: objektifitas dan sensitifitas; teori dan fakta, bantuan in-text learning, keterbacaan, ketercakupan kontemporer, instruktur manual, serta daftar istilah.

Selama ini antropologi dilihat sebagai dasar wilayah kajian yang beranggapan bahwa manusia merupakan produk dari proses evolusi yang berlangsung selama empat milyar tahun sebagai hominid yang hidup dalam satu kelompok sosial terorganisir yang memiliki tata kelakuan yang ditentukan secara biologis dan kultural.

Kebudayaan manusia seperti organisma manusia juga berkembang dari bentuk awal yang paling sederhana. Dalam hal ini, kerja terbesar antropologi berpusat pada:
1) menemukan dan menjelaskan perkembangan biologis dari spesies manusia dengan menggunakan sumber arkeologi prasejarah, paleontologi, primatologi, genetika, dan antropologi fisik;
2) menjelaskan keanekaragaman sistem sosial kontemporer yang luas melalui kajian etnografi dari beragam tipe masyarakat yang dijumpai;
3) untuk mengembangkan secara ilmiah dengan berdasarkan pada metode dan teori dari kontestasi biologis, ekologi, dan antropologi budaya serta linguistik untuk menjelaskan mengapa dan bagaimana kelompok masyarakat dan institusi yang spesifik berkembang, bertahan hidup, berfungsi dan berubah.

Kerja yang besar ini tentu saja membutuhkan satu kesatuan dari 4 bidang pendekatan. Antropologi dalam buku ini dihadirkan sebagai satu kesatuan yang menyeluruh. Desain sepert ini memungkinkan buku ini untuk dipakai dalam kuliah prehistori atau antropologi sosial dan budaya yang terpisah.

Substansi dalam buku ini disusun dalam 9 bab yang membahas tema-tema mengenai: evolusi manusia, perkembangan manusia dan kebudayaan, ekologi budaya, masyarakat, individu dan kebudayaan; siklus kehidupan, kekerabatan dan organisasi sosial; ekonomi, politik, dan pengaturan dari ketidakseimbangan; ekspresi simbolik; serta masa depan antropologi.

Buku ini dapat menjadi bahan bacaan yang cukup kaya bagi pembaca yang tertarik untuk belajar antropologi. Studi kasus dan ilustrasi yang ditampilkan cukup membantu pembaca untuk menemukan gambaran yang jelas mengenai studi atropologi kontemporer.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Koleksi Asing
Nomor Rak: 300 - A
Nomor Panggil: R.301.2 hoe a
Eksemplar: 1
No. Kode Status
1. 08l1999 Tersedia