ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
KAJIAN PEMETAAN BIDANG TANAH DALAM PEMBUATAN KELURAHAN LENGKAP DI KANTOR PERTANAHAN KOTA SURABAYA II (Studi Kasus di Kelurahan Nginden Jangkungan Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya)
Pengarang: Dannil Umbara
Penerbit: Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN STPN
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2021
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: -
Kolasi: xvi, 82 hlm. ; ilus. ; 29 cm
Subjek: Pendaftaran Tanah
Jenis Bahan: Skripsi
Abstrak:
Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap dilaksanakan dalam rangka percepatan pendaftaran tanah yang bertujuan untuk menciptakan Kelurahan Lengkap. Batas wilayah yang digunakan merupakan batas yang belum ditetapkan secara definitive. Adapun bidang tanah yang dipetakan masih berpotensi tidak sesuai dengan kriteria data valid. Batas wilayah dan bidang tanah harus memenuhi syarat untuk mendapatkan Nilai Desa Lengkap (NDL) sebagai indikator keberhasilan dalam menciptakan Kelurahan Lengkap.
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis batas wilayah dan validitas bidang tanah serta menganalisis toleransi selisih luas dalam pembuatan Kelurahan Lengkap. Penelitian menggunakan Mix Methods dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian digunakan untuk mengakomodir rumusan masalah yang diambil peneliti untuk dapat dianalisis secara mendalam.
Hasil penelitian adalah perbandingan batas wilayah dalam pembuatan Kelurahan Lengkap pada peta pendaftaran terhadap kondisi fisik di lapangan dengan hasil adanya perbedaan pada beberapa bagian yang mengakibatkan adanya perbedaan luas wilayah. Analisis validitas bidang tanah dengan kriteria kesesuaian posisi, luas, bentuk, dan link data, diperoleh hasil 75% memenuhi kriteria aspek kesesuaian posisi, 79% memenuhi kriteria aspek luas, 83% memenuhi kriteria dalam aspek bentuk, dan 99% memenuhi kriteria dalam link data. Perbandingan toleransi selisih luas yang dihasilkan antara penggunaan batas wilayah pada peta pendaftaran KKP dan hasil pengukuran di lapangan serta analisis selisih luas untuk mencapai NDL.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Referensi
Nomor Rak: 340 - K
Nomor Panggil: 346.043 8 DAN k
Eksemplar: 1
No. Kode Status
1. 21SM0786 Tidak Dipinjamkan