ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
PENGANTAR PENGOLAHAN TANAH DAN IRIGASI
Pengarang: Iskandar Zulkarnain;Irwan Sukri Banuwa
Penerbit: Graha Ilmu
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2019
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: 978-623-228-019-9
Kolasi: xii, 150 hlm. ; ilus. ; 24 cm
Subjek: Irigasi-Tanah
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
Buku Pengolahan Tanah dan irigasi ini akan menguraikan tentang dua bagian yaitu Pengelolaan Tanah dan Tentang irigasi. Pengolahan tanah diperlukan untuk mempersiapkan tanah bagi tanaman yang akan ditanam di atasnya. Dengan semakin berkembangnya mekanisasi pertanian, maka alat dan mesin untuk pengolahan tanah juga semakin berkembang dan semakin efisien. Pada umumnya pengolahan tanah dibedakan menjadi pengolahan tanah pertama dan pengolahan tanah kedua. Peralatan dan mesin yang digunakan juga berbeda antara pengolahan tanah pertama dan kedua. Untuk pengolahan tanah pertama, digunakan beberapa jenis bajak (plow), sedangkan untuk pengolahan tanah kedua menggunakan berbagai jenis garu (harrow). Alat lain adalah sub soiler atau bajak chisel, yang biasanya digunakan sebelum melakukan pengkolahan tanah pertama.
Pada bagian kedua, dijelaskan tujuan langsung, yaitu irigasi mempunyai tujuan untuk membasahi tanah berkaitan dengan kapasitas kandungan air dan udara dalam tanah sehingga dapat dicapai suatu kondisi yang sesuai dengan kebutuhan untuk pertumbuhan tanaman yang ada di tanah tersebut. Tujuan tidak langsung, yaitu irigasi mempunyai tujuan yang meliputi mengatur suhu dari tanah, mencuci tanah yang mengandung racun, mengangkut bahan pupuk dengan melalui aliran air yang ada, menaikkan muka air tanah, meningkatkan elevasi suatu daerah dengan cara mengalirkan air dan mengendapkan lumpur yang terbawa air, dan lain sebagainya.dijelaskan juga manfaat irigasi, jaringan irigasi, klasifikasi jaringan irigasi, dampak pembangunan irigasi, dan cara mengukur debit air irigasi untuk tujuan pemanfaatan dan kebutuhan air irigasi bagi areal tertentu.
Pada bagian akhir buku ini dijelaskan mengenai konsep partisipasi masyarakat petani pengguna air irigasi, dalam betuk kelembagaan yang dikenal dengan P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air Irigasi).
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 600 - P
Nomor Panggil: 627.52 Zul P
Eksemplar: 1
No. Kode Status
1. 21P19048 Tersedia