ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
LITERASI MEDIA KESADARAN DAN ANALISIS
Pengarang: Herry Hermawan
Penerbit: Calpulis
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2017
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: 978-602-6576-36-1
Kolasi: xii,158 hlm. ; ilus. ; 24 cm
Subjek: Media Massa
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
Kita dijenuhkan oleh pesan-pesan media yang menyerbu masuk ke dalam kehidupan kita. Pesan-pesan media telah memengaruhi perkembangan, dan memasuki kesadaran serta ketidaksadaran kita. Kita pun menerima pesan-pesan ini secara otomatik, tanpa memikirkan atau memperhatikannya secara sadar.
Dalam keadaan berpikir otomatik upaya kita untuk menganalisis dan mengevaluasi pesan-pesan, sangat kurang. Selain itu, upaya untuk memperoleh banyak informasi untuk membuat interpretasi yang lebih akurat, juga menjadi sangat kurang. Semakin lama kita berada dalam keadaan berpikir otomatik, maka semakin kuat media mengondisikan kita untuk tetap berada dalam keadaan tidak berpikir, sehingga media bisa melanjutkan untuk memprogram atau mengarahkan agenda kita.
Untuk membebaskan diri dari kebiasaan berpikir otomatik ini kita harus mengkritisi pesan-pesan media. Penggunaan media secara kritis merupakan aspek kunci lterasi media. Melalui literasi media kita dapat memahami bagaimana teks media dirancang untuk memengaruhi audiens, serta bagaimana teks ini mencerminkan perspektif dari para kreatornya. Selain itu, melaluiliterasi media, kita dapat mengembangkan keterampilan membuat keputusan yang lebih bertanggung jawab; dapat meningkatkan keterampilan memahami dan menilai secara kritis dunia serta budaya tempat kita hidup; dan dapat mengatasi kemungkinan pengaruh negatif dari media terhadap diri kita. Oleh sebab itu, keterampilan literasi media
sangat penting dimiliki oleh setiap anggota masyarakat dari berbagai tatanan dan berbagai latar belakang, karena ia relevan untuk pertumbuhan kita sebagai manusia dan untuk kehidupan yang baik.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 000 - L
Nomor Panggil: 028 Her L
Eksemplar: 2
No. Kode Status
1. 20P17639 Tersedia
2. 20P17638 Tersedia