ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGUSAAN PEMILIKAN PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN TANAH (STUDI DI KANTOR PERTANAHAN KOTA BUKITTINGGI, PROVINSI SUMATERA BARAT)
Pengarang: Mardhiyah Hayati
Penerbit: KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG/BADAN PERTANAHAN NASIONAL SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2019
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: -
Kolasi: xv,70 hlm, ; ilus, ; 30 cm
Subjek: Sistem Informasi, Basis Data,IP4T
Jenis Bahan: Skripsi
Abstrak:
Kebutuhan data akan Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (P4T) sebagai data awal dari kegiatan agararia serta sebagai awal kegiatan pembaharuan agraria mendorong .pemerintah untuk menerbitkan peraturan mengenai pembaharuan agraria. Kegiatan Inventarisasi dan Registrasi Penguasan, Pemilikan, Penggunaan, Pemanfaatan Tanah (IP4T) adalah kegiatan pendataan pemilikan, penguasaan, penggunaan dan pemanfaatam tanah, yang diolah menggunakan sistem informasi geografis, sehingga menghasilkan peta dan informasi mengenai penguasaan tanah oleh pemohon. Pemanfaatan dari data IP4T juga dapat menjadi sebuah perwujudan untuk pengendalian P4T dan Tata Ruang. Perwujudan ini hares dibangun secara komprehensif dan mendalam untuk terciptanya keakuratan dan . kedetailan, sehingga diperlukan suatu bentuk permodelan pengumpulan serta pengolahan data yang multifungsi.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka perlu dibangun sebuah mekanisme dan sistem pengumpulan serta pengolahan data dari P4T tersebut. Sehingga datam, penelitian yang peneliti lakukan, menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development atau R&D)_ Dalam proses perancangan sistem menggunakan metode Protityping. Model prototyping merupakan suatu teknik untuk mengumpulkan informasi tertentu mengenai kebutuhan-kebutuhun informasi pengguna secara cepat. Pada tahap research yang peneliti lakukan adalah meneliti permasalahan pengumpulan serta peagolahan data basil kegiatau tnvcntarisasi Pemilikan, Penguasaan, Penggunaan dan Pemanfaatan yang kemudian akan disebut dengan IP4T, kemudian duri hmil yang diperoleh peneliti memberikan solusi yang dapat ditawarkan, kemudian menjadi awal proses development. Development process dilakukan untuk menghasilkan produk perangkat lunuk (software) Sistem Informasi P4T, yang diharapkan mampu menjawab dan memberikan solusi terhadap permasaluhun pengumpulan dan pengolahan data TP4T, serta dapat dijadikan scbagai dasar pengambilan kebijakan.
Hasil penelitian yang diperoleh berupa Sistem Informasi P4T. Kelebihan dari sistem informasi P4T ini yaitu, mampu melakukun ar alisis data secara langsung dari data yang telah di-input ke dalam basis data, dan mampu mencari data pemilikan tanah berdasarkun Nomor Induk Kependudukan (NIK) sehingga dapat menjadi slat monitoring dan evaluasi tanah obyek landreform, Sistem Informasi P4T dapat mempereepat proses pengolahan data P4T terutama untuk analisis data tekstual_ Selain itu, aplikasi ini dapat diakses dengan jaringan internet, sehinggu proses pengumpulan data dapat langsung meng unakan aplikasi ini.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Referensi
Nomor Rak: 330 - R
Nomor Panggil: 333 Hay R
Eksemplar: 1
No. Kode Status
1. 19H0597 Tidak Dipinjamkan