ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
DESAIN ROFORMA AGRARIA INKLUSIF UNTUK PROGRAM KELUARGA HARAPAN DAN KAUM DIFEBEL ( STUDI DESA SEMPU KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI JAWA TIMUR)
Pengarang: Mohammad Fajar Hidayat
Penerbit: KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG/BADAN PERTANAHAN NASIONAL SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2019
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: -
Kolasi: xiv, 85 hlm, ; ilus, ; 30 cm
Subjek: Desain Reforma Agraria, Keluarga Harapan, Difabel,
Jenis Bahan: Skripsi
Abstrak:
Reforma Agraria adalah salah satu bagian dari nawacita butir 5 yang menjadi agenda prioritas nasional untuk meningkatkan keadilan sosial dan kesejahteraan rakyat. Reforma Agraria menurut Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 dilaksanakan melalui dua tahapan yaitu Penataan Aset dan Penataan Akses. Selain itu, di dalam Peraturan Presiden ini mengalami perluasan subjek dan objek Reforma Agrarianya. Penelitian ini dilakukan untuk membuat desain Reforma Agraria inklusif yang menggabungkan program keluarga harapan dan kaum difabel sebagai subjek dan tanah negara bekas hak guna usaha PT Sumber Sari Petung di Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri seluas ±9,49 hektar sebagai objeknya. Desain yang akan digunakan ini merupakan kombinasi penataan aset dengan penataan akses secara keseluruhan dengan melibatkan stakeholder terkait.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan utama subjek PKH dan Difabel; (2) membuat desain Reforma Agraria inklusif untuk mendorong kemandirian ekonomi PKH dan Difabel; (3) menggambarkan keterlibatan stakeholder dan partisipasi masyarakat dalam mendukung desain ini, dan (4) mengidentifikasi kendala apa yang akan terjadi dalam pembuatan desain ini. Metode yang digunakan dulam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan rasionalistik. Untuk memperoleh data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKK dan Difabel membutuhkan peningkatan kualitas hidup melaiui perbaikan akses terhadap ekonomi, peadidikan, kesehatan, dan kesejahteraa sosial. Selain itu, terdapat 52 bidang tanuh yang belum diterbitkan sertipikat di area tauah negara bekas hak guna usaha dengan penggunaan tanah pertanian dan nonpertanian. Lokasi bidang tanah tersebut terpisah di dua dusun dan dikuasai warga di luar Desa Sempu. Penataan akses yang untuk program keluarga harapan dan kaum difabel belum berjalau optimal karenu kebijakan antar instansi yang belur terpadu.
Desain Reforma Agraria inklusif ini diharapkan menjadi .terobosan dan gagasan baru dalam penydlesaian Reforma Agraria yang konvensionat Desain ini mencakup penyelenggaraan Reforms Agraria mulai dan i pemberian hak melalui mekanisme redistribusi tanah dilanjutkan dengan penataan akses yang melibatkan sinergi stakeholder terkait dan mei gidentifikasi kendala apa raja yang akan terjudi dalam pelaksanaannya.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Referensi
Nomor Rak: 330 - D
Nomor Panggil: 333 Faj D
Eksemplar: 1
No. Kode Status
1. 19H0616 Tidak Dipinjamkan