ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
HUKUM AGRARIA KONSEP DAN SEJARAH HUKUM AGRARIA ERA KOLONIAL HINGGA KEMERDEKAAN
Pengarang: Dr. Fifik Wiryani, S.H., M.Si., M.Hum
Penerbit: Setara Press
Tempat Terbit: Malang
Tahun Terbit: 2018
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: 978-602-6344-52-6
Kolasi: xiv,208 hlm, ; ilus, ; 23 cm
Subjek: Hukum Agraria
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
Secara fisik, tanah merupakan sumber daya alam (agraria) yang tidak _dapat diperbaharui, sehingga luasnya relatif tidak berubah. Sement ra jumlah manusia, termasuk badan, selalu bertambah dan cenderung rakus tanah. Kondisi ini kemudian menimbulkan konflik pertanahan yang seakan­ akan tidak pernah surut dan cenderung meningka.
Akar permasalahan timbulnya kasus-kasus pertanahan tidak bisa dilepaskan dari sejarah penguasaan dan hukum agraria yang berlaku pada saat itu beserta perkembangan hukum kemudian. Penguasaan tanah di Indonesia seiring dengan peradaban, yang dimulai jauh sebelum berdirinya Negara Indonesia, bahkan jauh sebelum munculnya kolonia­ lisme di Indonesia (yang kemudian disebut dengan masa prakolonial), dilanjutkan dengan masa kolonial, masa transisi yaitu masa sejak berdirinya Republik Indonesia sampai dengan diundangkannya Undang-undang Nomor 5 tahun 1960 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Agraria, yang lebih dikenal dengan sebutan Undang-undang Pokok Agraria (UUPA).
Buku ini memuat tentang konsep hukum agraria, hukum
agraria sebelum kemerdekaan, hukum agraria kolonial d a:.:.n.-==;;;;;;;;;;i pasca kemerdekaan, sejarah penyusunan undang-und
pokok agraria serta konversi hak atas tanah dan landreform
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 340 - H
Nomor Panggil: 346.04 Wir H
Eksemplar: 1
No. Kode Status
1. 19SM17132 Tersedia