ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
STATEGI PENDAFTARAN TANAH ULAYAT KAUM DALAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (STUDI DI KELURAHAN LIMAU MANIS, KECAMATAN PAUH, KOTA PADANG)
Pengarang: SEPTIYADI NUGRAHA
Penerbit: KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG/BADAN PERTANAHAN NASIONAL SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2019
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: -
Kolasi: xiv,54 hlm. ; ilus. ; 30 cm
Subjek: Tanah Ulayat;kaum;Sumatera Barat
Jenis Bahan: Skripsi
Abstrak:
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional telah mencanangkan Pendaftaran Tanali Sistematis Lengkap (PTSL) yang bertujuan untuk mempercepat pendaftaran tanah di seluruh wilayah Indonesia secara sistematis, dimana tanah ulayat termasuk sebagai objeknya. Pada tahun 2018, PTSL di Kota Padang menemui hambatan di Kelurahan Limau Marais. Hambatan ini diakibatkan adanya penolakan dari masyarakat. Maka dari itu, perlu adanya strategi yang diterapkan oleh Kantah Kota Padang dalam pelaksanaan program PTSL. Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk mengetahui: 1) penyebab penolakan masyarakat terhadap kegiatan PTSL, dan 2) strategi Kantah Kota Padang dul un melaksanakan pendaftaran tanah ulayat kaum melalui PTSL.
Penelitian ini merupakan Penciitian Kualitatit deugan mengggunakan Pendekatan interaksi Simbolik. Informan dipilih secari purposive sampling, yaitu pejabat struktural Kantah Kota Padang dan Mamak Kepala Waris (MKW)- Hasil dari penelitian its antara lain: I) tanah ulayat kaum atau tanah pusako tinggi saat ini sedang mengalami proses privatisasi dan gangaIn baunluak telah tumbuh menjadi kepemilikan perorangan, tnamak akan kehilangun perannya jika tanah ulayat kuum Nabs, dan 2) strategi yang telah dilakukan oleh Kantah Kota Padang adalah melakukan pendekatan kepada Ketua Kerapatan Adat Nagur (KAN) beserta Para mamak dan strategi yang kelak daput dilakukan adalah berupaya mengakomodasi keinginan adat dengan tetap tunduk pada peraturan perundangundangan yang ada seta menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan KAN setempat.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Referensi
Nomor Rak: 330 - S
Nomor Panggil: 333 Nug S
Eksemplar: 1
No. Kode Status
1. 19H0590 Tidak Dipinjamkan