ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
"Pengelolaan kesuburan tanah"
Pengarang: Prof.Dr. Eko Handayanto
Penerbit: UB Press
Tempat Terbit: Malang
Tahun Terbit: 2017
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: 978-602-432-049-2
Kolasi: i-xv, 198 hlm.:23,5 cm
Subjek: Tanah
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
Tanah adalah media untuk pertumbuhan tanaman dan memasok unsur hara untuk tanaman. Beberapa tanah tertentu yang tidak dapat memenuhi tujuan tersebut disebut sebagai tanah tidak subur. Sebaliknya, ada beberapa tanah yang dapat memenuhi tujuan tersebut dan tanah tersebut disebut tanah subur. Oleh karena itu, kesuburan tanah adalah aspek hubungan tanah-tanaman, yaitu pertumbuhan tanaman dalam hubungannya dengan unsur Kara yang tersedia dalam tanah. Tanaman tergantung pada tanah tidak hanya sebagai tempat untuk bertumpu, tetapi juga sebagai pemasok unsur hara yang diperlukan untuk proses-proses fisiologi dan pembentukan struktur tanaman. Semua unsur hara tanaman berada dalam tanah. Namun demikian keberadaan unsur hara di dalam tanah tidak selalu dapat diartikan bahwa tanah tersebut subur. Secara sederhana kesuburan tanah dapat didetinisikan sebagai kemampuan tanah untuk menvediakan unsur hara dalam jumlah yang cukup dalam bentuk yang tersedia. Kajian kesuburan tanah meliputi pengamatan bentuk unsur hara tanaman di dalam tanah, bagaimana unsur-unsur tersebut menjadi tersedia untuk tanaman, dan faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan unsur hara oleh tanaman. Hasil kajian tersebut dapat digunakan sebagai landasan pengelolaan kesuburan tanah untuk memperbaiki pertumbuhan dan produksi tanaman.

Secara umum, terdapat lima prinsip dasar pengelolaan kesuburan tanah dalam kaitannya dengan sistem pertanian berkelanjutan, yaitu (a) unsur hara tanah yang terangkut oleh tanaman harus diganti / ditambahkan, (b) kondisi fisik tanah harus dipertahankan, yang dalam hal ini berarti bahwa kandungan humus (bahan organik tanah) harus tetap atau meningkat, (c) harus tidak ada pertumbuhan gulma, hama dan penyakit, (d) harus tidak ada peningkatan kemasamam tanah atau konsentrasi unsur beracun, dan (e) erosi tanah harus dikendalikan agar sama atau lebih kecil dari kecepatan pembentukan tanah.

Buku Pengelolaan Kesuburan Tanah ini selain menyajikan uraian tentang dasar dan konsep kesuburan tanah, juga menyajikan uraian tentang praktek pengelolaan kesuburan tanah, khususnya di daerah tropika basah seperti Indonesia. Beberapa teknik / praktek pengelolaan kesuburan tanah yang disajikan dalam buku ini pada umumnya mudah dilakukan oleh petani / pengelola lahan pertanian untuk perbaikan kualitas dan kuantitas produksi pertanian.

Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 600 - P
Nomor Panggil: 631.4 Han P
Eksemplar: 4
No. Kode Status
1. 19P15968 Tersedia
2. 19P15969 Tidak Dipinjamkan
3. 19P16388 Tersedia
4. 19P16387 Tersedia