ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
Diseminasi Informasi Pertanahan Melalui Kelompok Masyarakat Dalam Pensertipikatan Tanah Di Kabupaten Bantul
Pengarang: Yoseph Nai Helly
Penerbit: Sekolah Pascasarjana UGM
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2010
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: -
Kolasi: xii,100 hlm. ; ilus. ; 29.5 cm
Subjek: Sertipikat Tanah;Diseminasi Informasi
Jenis Bahan: Tesis
Abstrak:
Diseminasi adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target atau -Jividu agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut untuk kepentingan mereka sendiri. Deseminasi informasi merupakan suatu proses penyebaran informasi yang dilakukan oleh petugas kantor pertanahan kabupaten Bantul dan kelompok masyarakat dipedukuhan Banyudono, pedukuhan Sruwuh, dan pedukuhan Busuran dalam upaya peningkatan pensertipikatan tanah

Agar masyarakat menyadari akan pentingnya manfaat dan fungsi Sertipikatan atas tanah maka perlu dilakukan diseminasi informasi pertanahan yang tepat dan baik melalui kelompok masyarakat dalam mensertipikatkan tanah. Di Kabupaten Bantul, diseminasi informasi dapat dilakukan melalui beberapa cara, antara lain: Penyuluhan, Leaflet/Brosur, Pengumuman, Bantul Expo, Media Massa danLarasita. Larasita adalah program pemerintah yang mendatangi masyarakat pedalaman/pedesaan untuk melakukan pensertipikatan tanah.

Pemerintah berupaya untuk melakukan percepatan program pensertipikatan rah tersebut secara lebih cepat melalui beberapa program, yaitu: Program Prona( Provek Operasional Nasional Pertanahan), Program LMPDP (Land Management policy and Development Project), UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Rutin, P4T (Penguasaan Pemilikan Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah), LC (Land consolidation) swadaya.

Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh
-pemerintah dengan diseminasi informasi berjalan baik dengan dukungan masyarakat sehigga proses pensertipikatan tanah di Kabupaten Bantul dapat berjalan dengan lancar serta semua hak atas tanah yang dimiliki dapat tersertipikatkan. Dan dengan
demikian sertipikat hak atas tanah tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk
meningkatkan taraf hidup perekonomian yang lebih baik, menjamin kepastian hukum
atas tanah secara sah menurut hukum, mengurangi konflik dan sengketa pertanahan yang akan timbul kemudian hari di masyarakat.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Referensi
Nomor Rak: 330 - D
Nomor Panggil: 333 Nai D
Eksemplar: 1
No. Kode Status
1. 18S539 Tidak Dipinjamkan