ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
PERAN MASYARAKAT DALAM PERCEPATAN PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP STUDI DI DESA WANGLU KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH
Pengarang: FAJRIN
Penerbit: Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN STPN
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2018
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: -
Kolasi: xiv,68 hlm, ; ilus, ; 30 cm
Subjek: Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap;Peran Masyarakat;relawan
Jenis Bahan: Skripsi
Abstrak:
Pemerintah menargetkan pendafaran tanah di seluruh Indonesia melalui Kementerian Agraria. dan Ta.ta Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR!BPN) yaitu 5 juta bidang tanah tahun 2017, meningkat 7 juta bidang tanah tahun 2018 dan tahun 2019 ditingkatkan menjadi 9 juta bidang tanah yang dilaksanakan dengan kegiatan PTSL. Pelaksanaan PTSL tentunya Kementerian ATR/BPN membutuhkan dukungan kementerian lainnya, pemerintah daerah, lembaga masyarakat dan masyarakat. Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten dalam kegiatan pensertipikatan PTSL dibantu dengan partisipasi masyarakat melalui Panitia PTSL yang kemudian disebut Relawan PTSL diambil dari anggota masyarakat terpilih yang menggerakkan masyarakat dalam melnbantu pelaksanaan kegiatan PTSL di desa, salah satunya pada lokasi penelitian di Desa Wanglu Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten tahun 2016 dan tahun 2017.
Penelitian mengguuiakan metode Penelitian Kualitatif untuk menggambarkan peran masyarakat dengan melihat empat hal yaitu situasi, masyarakat, posisi, dan fiingsi dalam kegiatan PTSL. Selain itu, penelitian ini juga menggambarkan hambatan yang dihadapi oleh Relawan PTSL dalam melaksanakan perannya.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan PTSL oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten dapat terlaksana dengan lancar salah satunya adanya peran masyarakat. Bentuk peran masyarakat yaitu adanya Panitia PTSL atau Relawan PTSL. Dalam menjalankan peran masyarakat dilihat dari 4 hal yaitu Pertaina, Situasi: mendukung karena masyarakat antusias mengikuti PTSL. Kecdua, Masyarakat: meinpunyai kapasitas dan kapabilitas mampu membentuk relawan. Keliga, Posisi: terdapat koordinat dan sub koordinat ditempati oleh kantor pertanahan dan pemerintah desa, relawan dan masyarakat. Keempat, Fungsi: tahapan PTSL telah ditetapkan kantor pertanahan dan masyarakat melalui relawan mengambil bagian-bagian tertentu dalam kegiatan PTSL, Pelaksanaan PTSL oleh relawan terdapat hambatan yang terdiri dani hambatan yang dapat diselesaikan dan hambatan yang tidak dapat diselesaikan seperti kurangnya kelengkapan administrasi oleo seorang peserta PTSL dan pennasalahan waris, ketika tidak ada kesepakatan antara ahli waris.


Kata Kunci: peran masyarakat, pendaftaran tanah siste?natis lengkap, relawan

Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Referensi
Nomor Rak: 330 - P
Nomor Panggil: 333 Faj p
Eksemplar: 1
No. Kode Status
1. 18H0569 Tidak Dipinjamkan