ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
PERANCANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID DALAM PEMBUATAN PETA KERJA PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP
Pengarang: Reza Abdullah
Penerbit: Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN STPN
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2018
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: -
Kolasi: xv,78 hlm, ; ilus, ; 30 cm
Subjek: Data Spasial;Android;Kualitas Data Spasial;Data Tekstual;Bidang Tanah;Integrasi
Jenis Bahan: Skripsi
Abstrak:
INTISARI
Ketersedian akan Peta Kerja yang terintegrasi antara data spasial dan data tekstual sangat penting dalam membantu kebutuhan dalam percepatan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang merupakan salah satu program strategis di Kementerian ATR/BPN. Target PTSL jumlah bidang tanah yang terns meningkat dari tahun ke tahun membuka peluang kemajuan teknologi memberikan andil dalam memenuhi kebutuhan akan Peta Kerja. Kemajuan teknologi dalam pembuatan aplikasi melalui smarthphone herbasis Android memberikan kemudahan dalam pengambilan data langsung di lapangan. Konsep pengambilan data Iangsung terjun ke lapangan akan meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengumpulan . data. Selain itu, kemampuan aplikasi dalam mengkoreksi data hasil deliniasi bidang tanah sesuai dengan data jarak lapangan memberikan hasil lebih ke arah Peta Pendaftaran.

Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan aplikasi adalah Research and Development (R&D) dengan pengujian hasil pengolahan berupa kuisioner terhadap evaluasi pengguna dan hasil data spasial dari koreksi yang diterapkan melalui aplikasi dibandingkan dengan data pengukuran PTSL dengan jumlah sampel sebanyak 30 bidang tanah. Analisis data evaluasi pengguna dilakukan dengan menggunakan Google Form dan uji terapan koreksi bidang tanah melalui aplikasi dilakukan dengan Uji t dengan tingkat signifikansi (a) 5% serta uji toleransi berdasarkan ketentuan PMNA/KBPN Nomor 3 Tahun 1997.

Hasil penelitian menunjukkan evaluasi kebutuhan pengguna atas aplikasi yang dirancang adalah sangat baik dalam integrasi data spasial dan data tekstual serta sesuai dengan keperluan dalam membantu percepatan PTSL. Analisis data spasial menunjukkan seluruh terapan koreksi data luas dan jarak memenuhi toleransi berdasarkan ketentuan PMNA/KBPN Nomor 3 Tahun 1997. Penulis membagi kualitas data spasial seluruh sampel tersebut dan didapatkan 20 bidang tanah (66.67%) sangat baik, 4 bidang tanah (13.33%) baik, 2 bidang tanah (6.67%) normal, 2 bidang tanah (6.67%) kurang dan 2 bidang tanah (6.67%) sangat kurang

Kata Kunci : Android, Data Spasial, Data Tekstual, Bidang Tanah, Kualitas Data Spasial, Integrasi
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Referensi
Nomor Rak: 500 - P
Nomor Panggil: 526.9 Abd P
Eksemplar: 1
No. Kode Status
1. 18H0519 Tidak Dipinjamkan