ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
PENGGUNAAN APLIKASI MAPIT GIS DALAM PENGUKURAN DAN PEMETAAN KADASTRAL (sTUDI DI kANTOR PERTANAHAN POSO PROVINSI SULAWESI TENGAH)
Pengarang: Zainal Abd. Rssyid
Penerbit: Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN STPN
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2018
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: -
Kolasi: xv,65 hlm, ; ilus, ; 30 cm
Subjek: Android;Aplikasi Mapit GIS;Pengukuran Dan Pemetaan
Jenis Bahan: Skripsi
Abstrak:
Penyelenggaraan pendaftaran tanah di Indonesia merupakan salah satu togas dari Kementerian ATRIBPN. Kegiatan yang dilakukan dalam Pendaftaran Tanah salah satunya pengumpulan dan pengolahan data fisik (PP 24/1997 pasal 12 ayat (1) huruf a). Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara melakukan pengukuran dan pemetaan. Pengukuran dan pemetaan serta identifikasi bidang memanfaatkan peta hardcopy sebagai informasi pertanahan merupakan sebuah metode konvensional yang sering digunakan. Untuk itu diperlukan alternatif pengganti salah satunya adalah aplikasi Mapit GIS berbasis android. Tujuan dani penelitian ini untuk mengetahui manfaat yang diperoleh terhadap penerapan aplikasi Mapit GIS dalam kegiatan pengukuran ataupun pemetaan bidang serta solusi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan/kendala dalam penerapan aplikasi tersebut.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen yaitu termasuk permodelan Research and Development (R&D) kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Aplikasi diuji dengan cara melakukan simulasi pads kegiatan pengukuran dan pemetaan. Hasil penelitian diukur berdasarkan toleransi PMNA/Ka BPN Nomor 3 Tahun 1997 berdasarkan paiajang nisi bidang dan luas bidang tanah. Toleransi tersebut sebagai acuan menganalisis untuk melihat diterima atau ditolaknya hash pengukuran dan pemetaan yang diperoleh. Hasil dan i analisis ini adalah untuk mendeskripsikan manfaat aplikasi Mapit GIS dalam mendukung kegiatan pengukuran maupun pemetaan kadastral di Kantor Pertanahan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi Mapit GIS dalam,4 egiatan pengukuran tidak memenuhi toleransi pengukuran kadastral sebaliknya dalam kegiatan pemetaan hasil dapat diterima. sehingga Mapit GIS dapat direkomendasikan sebagai media alternatif untuk pemetaan bidang. Adapun dalam pelaksanaan simulasi terdapat beberapa hambatan/kendala. Hambatan/kendala tersebut diantaranya hambatan Internal (terkait fungsi aplikasi) dan hambatan Eksternal (terkait kebutuhan penggunanya).


Kata Kunci : Android Aplikasi Mapit GIS, Pengukuran dan Pemetaan

Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Referensi
Nomor Rak: 500 - P
Nomor Panggil: 526.9 Abd P
Eksemplar: 1
No. Kode Status
1. 18H0510 Tidak Dipinjamkan