ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
Profesionalisme Guru
Pengarang: Nurfuadi
Penerbit: Stain Press
Tempat Terbit: Purwokerto
Tahun Terbit: 2012
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: 978-602-76360-7-1
Kolasi: x, 192 hlm.: 23,5 cm
Subjek: Profesionalisme Guru
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
Guru merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam pencapaian keberhasilan pembelajaran di sekolah. Di tangan gurulah segala perubahan peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik diharapkan. Guru bagaikan magnet yang seharusnya mampu menyedot perhatian siswa, is menjadi pusat yang mampu mengubah keterpendaran perhatian, mampu "menghipnosi" sehingga siswa merasa enjoy dalam setiap mengikuti pembelajarannya.
Guru "konvensional" dapat melakukan hal sedemikian itu, tapi lebih sekedar hanya kamuflase, bukan alami. Karena siswa lebih banyak didominasi oleh rasa takut dan tertekan. Pembejalaran memang berlangsung tenang, tapi pasif, tidak kreatif, dan mungkin membosankan. Satu-satunya alat untuk memusatkan perhatian siswa adalah tongkat panjang yang siap menghentak setiap siswa yang berisik. Guru menjadi pusat segalanya, pengetahuan, sumber belajar, dan inspirasi; teacher centered.
Untuk mengubah situasi yang demikian, syarat utama yang dibutuhkan adalah perubahan paradigma pembelajaran; dari teacher centered menjadi student centered. Perubahan paradigma itu tidak semerta merta bisa terjadi begitu saja. Ia mununtut hadirnya seorang guru mempunyai kemampuan baik dalam maupun luar pembelajaran. Guru yang mempunyai kemampuan seperti ini dianggap sebagai guru yang profesional.
Di tangan guru yang profesional inilah pendidikan akan melahirkan manusia yang berkualitas, cerdas dan kompetitif sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang sistem pendidikan nasional.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 370 - P
Nomor Panggil: 371.1 Nur P
Eksemplar: 3
No. Kode Status
1. 16P14092 Tersedia
2. 16P14091 Tersedia
3. 16P14090 Tersedia