ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
Disparitas Pemidanaan Pembalakan Liar dan Pengaruhnya Terhadap Penegak Hukum di Indonesia
Pengarang: Zarof Ricar
Penerbit: P.T. Alumni Bandung
Tempat Terbit: Bandung
Tahun Terbit: 2012
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: 978-41-4154-2
Kolasi: xvi, 301 hlm.: 20 cm
Subjek: Pembalakan Liar
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
Ada bermacam cara memajukan ilmu, termasuk menulis hasil penelitian dalam bentuk disertasi. Selama ini dengan alasan pembangunan seringkali lingkungan hidup dikorbankan, ditambah lagi penegakan hukum melalui pemidanaan pembalakan liar yang tidakberjalan sebagaimana mestinya.

Pelaku yang tertangkap biasanya hanyalah para pekerja biasa yaitu paratukang penebang kayu, kuli-kuli pengangkut dan lain-lain para pekerja kasar yang pada umumnya mereka diperintah oleh majikannya untuk melakukan penebangan dan pengangkutan dan bukan cukong atau otak utamanya. Mereka umumnya hanya dikenai pidana penjara berkisar bulanan dengan hukuman denda yang tidak seberapa pula. Dapat dihitung dengan seberapa besar pengadilan di Indonesia menjatuhkan hukuman maksimal kepada para pelaku utama pembalakan liar (illegallogging).

Isu-isu semacam ini di bahas dalam buku ini dengan mengemukakan: Mengapa terjadi diisparitas pemidanaan terhadap pembalakan liar (illegal logging) dalam putusan pengadilan di Indonesia?; Apa dampak dari disparitas pemidanaan tersebut dalam penegakan hukum terhadap pembalakan liar (illegal logging) di Indonesia?; Kebijakan pemidanaan mendatang yang bagaimanakah yang dapat mereduksi terjadinya disparitas pemidanaan dalam putusan pengadilan terhadap pembalakan liar (illegal logging) di Indonesia?
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 340 - D
Nomor Panggil: 345 R D
Eksemplar: 1
No. Kode Status
1. 14S12445 Tersedia