ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
ILMU ADMINISTRASI PUBLIK DI INDONESIA
Pengarang: Agus Dwiyanto
Penerbit: Gadjah Mada University Press
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2021
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: 978-602-386-295-5
Kolasi: xvi, 114 hlm.: ilus,; 23 cm.
Subjek: Administrasi Publik di Indonesia
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
Selama lebih dari setengah abad, studi administrasi publik di Indonesia telah mengalami perubahan fokus dan orientasi, yang sedikit banyak memengaruhi persepsi para akademisi dan praktisi tentang apa sebenarnya ilmu administrasi publik itu". Buku ini mengidentifikasi setidaknya ada empat orientasi dalam pengembangan ilmu administrasi publik, yaitu administrasi pemerintahan, kebijakan publik, governance, dan kepublikan. Walaupun keempat orientasi itu tidak
bersifat clear-cut, tetapi dapat dikenali dan penting untuk dideskripsikan agar dapat menjadi bahan perdebatan akademik bagi para praktisi dan akademisi. Tentu dalam kenyataannya, dilihat dari kurikulum yang dimiliki oleh banyak perguruan tinggi yang mengelola Program Studi lImu Administrasi Publik, tumpang tindih antarpremis dasar dari berbagai orientasi berbeda tersebut tidak dapat dihindari.
Dengan menjelaskan orientasi yang berbeda dalam pengembangan studi ilmu administrasi publik, penulis berharap hal tersebut dapat membantu para akademisi, mahasiswa, dan praktisi untuk memahami dinamika yang terjadi dan memanfaatkannya untuk mengkritik pengembangan studi administrasi publik di perguruan tingeinya masing-masing. Dengan memahami adanya perbedaan orientasi dan pusat perhatian dari studi ilmu administrasi publik, para mahasiswa dan praktisi juga dapat memahami mengapa banyak pihak sering kalimenjelaskan ilmu administrasi publik secara berbeda-beda. Perbedaan orientasi dan pusat perhatian merupakan bagian dari dinamika yang tak terhindarkan dalam sejarah perkenmbangan ilmu administrasi publik, tidak hanya di lIndonesia, tetapi juga di belahan dunia lainnya.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 350 - I
Nomor Panggil: 351.598 Dwi I
Eksemplar: 3
No. Kode Status
1. 21SM18842 Tersedia
2. 21SM18843 Tersedia
3. 21SM18844 Tersedia