ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
MODEL PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TEORI, KONSEP, DAN KONSTRUK PENGUKURAN
Pengarang: Dr. Ratnawati susanto S.Pd., M.M, M.Pd., CIRR;Yuli Asmi Rozali, M.Psi., Psikolog.
Penerbit: Rajawaligrafindo Persada
Tempat Terbit: Depok
Tahun Terbit: 2020
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: 978-623-231-390-3
Kolasi: xxx, 234 hlm.: ilus,; 23 cm.
Subjek: Pendidikan Studi dan pembelajaran
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
Profesi pendidik memiliki makna yang sangat mendalam dan menjadi kunci majunya kehidupan dan peradaban manusia, bahkan bangsa dan negara. Peran pendidik menjadi sangat penting sebagai agen perubahan pada kehidupan anak bangsa. Oleh karena itu, para calon guru perlu meluangkan waktunya untuk melakukan orientasi pemaknaan hakikat profesi guru, sehingga mampu memiliki internalisasi mendalam atas nilai-nilai pilihan dan keputusan profesinya: Mengapa menjadi guru? Ada apa dengan guru? Dan bagaimana menjadi guru?
Buku Model Pengenmbangan Kompetensi Pedagogik: Teori, Konsep, dan Konstruk Pengukuran ini mendeskripsikan teori, konsep, dan konstruk pengukuran yang dapat membantu setiap individu, baik guru, mahasiswa keguruan, maupun pemerhati pendidikan untuk mengembangkan kemampuan pedagogik berdasarkan kajian teori dan empiris dengan berfokus pada internalisasi nilai-nilai diri. Buku ini disajikan secara runtun mengenai hakikat profesi guru, gerakan literasi pedagogik, konsep pengetahuan dan kompetensi pedagogik yang mencakup filsafat pendidikan, perkembangan anak usia sekolah dasar, teori belajar, kemampuan reflektif, kecerdasan emosional, pola komunikasi instruksional, dan bagaimana model pengembangan kompetensi pedagogik dikonstruk dari keempat puluh satu indikatornya.
Buku ini dapat menjadi referensi dalam mendukung pencapaian efektivitas kemampuan yang terwujud dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui aspek pengetahuan pedagogik sebagai dasar kerangka peran dan figur dalam bentuk berpikir; bersikap reflektif dan emosi yang cerdas; kemampuan dalam pola komunikasi instruksional; serta aspek-aspek yang menjadi sarana untuk mewujudkan kompetensi pedagogik. Oleh karena itu, buku ini dapat menjadi buku wajib yang memberi arah dan solusi terhadap kebutuhan pengembangan kompetensi pedagogik.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 370 - M
Nomor Panggil: 370.7 Sus M
Eksemplar: 3
No. Kode Status
1. 21SM18694 Tersedia
2. 21SM18695 Tersedia
3. 21SM18696 Tersedia