ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG

DETAIL KOLEKSI
 

Klik untuk membesarkan
HUKUM ADMINISTRASI NEGARA DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DAN ENERGI BERBASIS LINGKUNGAN
Pengarang: ;Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rahmi Handayani, S.H., M.M
Penerbit: Rajawaligrafindo Persada
Tempat Terbit: Depok
Tahun Terbit: 2019
Bahasa: Indonesia
ISBN/ISSN: 978-602-425-308-0
Kolasi: x, 272 hlm.: ilus,; 23 cm
Subjek: sumber alam - aspek hukum
Jenis Bahan: Buku
Abstrak:
Di dalam buku ini penulis mengajak para pembaca untuk dapat mengetahui relevansi Pasal 28 H Ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara RI 1945 menegaskan bahwa "Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat..". Amanah konstitusi tersebut sudah semestinya (das Sollen) menjadi landasan bagi pemerintah dalam mewujudkan tujuan negara untuk memajukan kesejahteraan umum dan melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Termasuk dalam upaya pemerintah untuk mengelola sumber-sumber produksi dan kekayaan alam meliputi bumi, air, dan energi yang menguasai hajat hidup orang banyak dan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
Bertolak dari amanah konstitusi dan tujuan negara tersebut di atas, sepatutnya pemerintah dapat melindungi kelestarian lingkungan hidup meliputi bumi, udara, air dari segala bentuk pengerusakan lingkungan hidup yang ditimbulkan akibat pengelolaan sumber daya alam dan energi di tengah globalisasi ekonomi dan energi. Permasalahannya sekarang adalah ketika pemerintah melakukan fungsi dan perannya sebagai pelaksana administrator negara di tengah lapangan kerap kali cenderung menghadapi kendala-kendala di lapangan.
Meskipun demikian, pemerintah sebagai administrator negara berupaya menyikapi permasala han di lapangan (das Sein) dengan penegakan Hukum
Administrasi Negara oleh alat-alat aparatur negara dan Pengadilan Tata Usaha Negara. Wujud konkret Hukum Administrasi Negara tersebut diantaranya izin pengelolaan sumber daya alam dan energi yang menjadi landasan pemerintah untuk melakukan pengawasan dan kontrol bagi pelaksanaan kegiatan usaha baik yang dilakukan perseorangan, swasta dan/atau Badan Usaha Milik Negara dan/ atau Badan Usaha Milik Daerah.
Buku berjudul Hukum Administrasi Negara dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Energi Berbasis Lingkungan menjadi sangat penting untuk dibaca sebagai referensi bagi para pembaca di kalangan akademisi, mahasiswa strata S1, 52, $3 pada program Studi lImu Hukum, Program Studi lImu Sosial, dan Politik, Praktisi, Ekonom, Konsultan AMDAL dan para pemangku kepentingan di bidang pengelolaan sumber daya alam dan energi.
Pratinjau Google: Tidak ada
Lampiran: -
 
KETERSEDIAAN
 
Lokasi: Ruang Baca
Nomor Rak: 340 - H
Nomor Panggil: 346.044 Han H
Eksemplar: 5
No. Kode Status
1. 21SM18617 Tersedia
2. 21SM18618 Tersedia
3. 21SM18619 Tersedia
4. 21SM18620 Tersedia
5. 21SM18621 Tersedia